Peraturan Berkendara Saat PPKM Darurat
Peraturan Berkendara Saat PPKM Darurat

Peraturan Berkendara Saat PPKM Darurat

July 14, 2021
0 Comments

Sobat Digicar, mulai dari tanggal 3 Juli pemerintah Indonesia telah menerapkan PPKM darurat di daerah Jawa-Bali. Mengikuti itu, pemerintah juga mengeluarkan peraturan untuk membatasi mobilitas masyarakat selama PPKM.

Peraturan yang tertera dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 menjabarkan beberapa kententuan untuk para pelaku perjalanan darat dengan kendaraan umum maupun pribadi, termasuk sepeda motor dan mobil. Ketentuan-ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Wajib menunjukkan kartu vaksin pertama
  2. Memiliki surat keterangan negatif tes PCR dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, atau
  3. Rapid test negatif dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan
  4. Mengisi Electronic Health Alert Card (e-HAC) Indonesia.

Terdapat pula peraturan lainnya yaitu Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 875 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019, yang berdasar pada Peraturan Gubernur No. 3 Tahun 2021 untukpenerapan prokes dan penegakan sanksi.

Di dalam peraturan tersebut ditetapkan juga aturan untuk kendaraan umum dan pribadi. Untuk angkutan umum seperti taksi, bus atau kendaraan sewa, kapasitas kendaraan dibatasi hanya 50%. Khusus untuk mobil barang, kapasitas angkut penumpang paling banyak 2 orang per baris kursi. Pembatasan kapasitas 50% juga berlaku untuk kendaraan pribadi, namun apabila seluruh calon penumpang berdomisili di alamat yang sama maka kendaraan boleh diisi penuh. #jesen

Add a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIGICAR INDONESIA

Digicar adalah sebuah layanan virtual otomotif yang dapat memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan Anda. Digicar tampil dalam platform yang inovatif, mudah digunakan, aman, dan pastinya terpercaya
Copyright © 2021. PT KAR DIGITAL INDONESIA
Follow us
Follow us
Copyright © 2021. PT KAR DIGITAL INDONESIA